Sabtu, 06 April 2013

Pengertian Gambar dan Cara Mengolahnya


         Kata gambar/image/citra sudah tak asing lagi di telinga kita. Kata tersebut sangat sering kita gunakan ketika kita lagi surfing di internet. Namun, ketika kita ditanyakan apakah sebenarnya pengertian gambar / citra itu. Mungkin kebanyakan akan menjawab gambar ya gambar. Pada artikel ini, saya akan mencoba memberi penjelasan sedikit tentang gambar / citra itu.

Pada grafik design pengertian dari sebuah gambar / citra / image dibedakan atas 2 jenis yaitu :
  • Gambar Bitmap :
             Gambar Bitmap sering disebut juga dengan gambar raster. Gambar Bitmap adalah gambar yang terbentuk dari pixel, dengan setiap pixelnya mempunyai warna tertentu. Jika gambar bitmap ini diperbesar, misalnya menjadi 4 kalinya, maka gambar akan menjadi kabur karena pixelnya juga bertambah besar menjadi 4 kalinya. (kualitas gambar menurun). Format gambar bitmap sering dipakai dalam foto dan gambar. Dua istilah yang perlu dipahami ketika bekerja dengan gambar bitmap adalah resolusi dan kedalaman warna. Gambar bitmap biasanya diperoleh dengan cara : Scanner, Camera Digital, Video Capture dll.
  • Gambar Vektor :
Gambar Vektor dihasilkan dari perhitungan matematis dan tidak berdasarkan pixel. Jika gambar di perbesar atau diperkecil, kualitas gambar relatif tetap baik dan tidak berubah. Gambar vektor biasanya dibuat menggunakan aplikasi-aplikasi gambar vektor misalkan : Corel Draw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Autocad dll.

            Mengolah Gambar Adobe Photoshop- Pada pembahasan ini akan dibahas beberapa fasilitas yang disediakan Adobe Photoshop CS3 yang dapat digunakan untuk mengolah sebuah gambar atau foto, mulai dari cara mengolah warna, menggabungkangambar, mengatur gelap-terang, mencerahkan warna, mempertajam dan memburamkan gambar, serta membersihkan foto atau gambar .



Gambar 3.56 Menu-menu untuk mengatur warna, penggabungan warna, dan mengatur gelapterang serta mencerahkan warna.

1. Clone Stamp Adobe Photoshop

Clone Stamp Tool dapat Anda gunakan untuk menggandakan gambar, Anda dapat menerapkannya pada gambar lain atau bagian dari gambar yang sama. Langkah untuk menggunakan tombol Clone Stamp adalah seperti berikut.

(1) Siapkan dua buah gambar yang akan diolah.

(2) Pilih tombol Clone Stamp .

(3) Tentukan ukuran kuas dengan tepian yang halus dari pop-up pada Optionbar, sesuaikan ukuran kuas dengan kondisi gambar yang dikerjakan.

(4) Gunakan pilihan mode normal dengan nilai Opacity yang kecil. Jika merasa kurang, Anda bisa menambahkan nilai Opacity dengan menyesuaikan kondisi gambar yang dikerjakan.

(5) Aktifkan pilihan Use All Layers untuk mengambil contoh data dari semua layeryang ditampilkan.

(6) Letakkan mouse pada bagian gambar yang akan dikloning. Tekan Alt + klik pada bidang gambar tersebut untuk menentukan area pertama yang akan dikloning hinggamouse berubah bentuk menjadi lingkaran dengan tanda plus.

(7) Sapukan pointer mouse untuk membuat cloning gambar sehingga Anda dapat mendapatkan bentuk gambar yang diinginkan.

2. Menggunakan Tombol Focus, Toning, dan Sponge Adobe Photoshop

Tombol Focus terdiri atas tombol Blur dan Sharpen. Tombol Blur digunakan untuk melembutkan atau mengaburkan ketajaman batas sebuah image. Tombol sharpendigunakan untuk menambah ketajaman sebuah image yang mempunyai bagian-bagian yang kabur atau buram. Langkah untuk menggunakan tombol Focus adalah seperti berikut.

(1) Pilih tombol Blur atau Sharpen.

(2) Tentukan ukuran kuas dari pop-up di Optionbar.

(3) Tentukan Effect Mode untuk kombinasi warna dan Strength untuk daya tekan peranti tersebut.

(4) Aktifkan pilihan Use All Layers untuk mengaburkan atau menajamkan dengan menggunakan data dari semua layer yang ditampilkan.

(5) Sapukan bagian image yang ingin Anda kaburkan atau tajamkan.

Tombol Toning terdiri atas ombol Dodge yang digunakan untuk menambah pencahayaan dan tombol Burn yang digunakan untuk mengurangi pencahayaan suatu area pada gambar. Untuk menggunakan peranti ini, perhatikan langkah berikut.

(1) Pilih tombol Dodge atau Burn.

(2) Pilih ukuran kuas di Optionbar, kemudian tentukan besar kuas dan Hardness.

(3) Tentukan pilihan untuk perubahan pada image tersebut .

(4) Midtones, untuk mengubah area format (tidak gelap atau tidak terang)

(5) Shadows, untuk mengubah area yang gelap.

(6) Highlights, untuk mengubah area yang terang.

(7) Tentukan nilai pencahayaan pada pilihan Exposure.

(8) Sapukan bagian image yang ingin Anda modifikasi.

Tombol Sponge digunakan untuk mengubah kecerahan warna pada sebuah area. Pada mode Grayscale, peranti ini akan mengurangi atau menambah kontras gambar. Untuk menggunakan tombol Sponge, perhatikan langkah berikut ini.

(1) Pilih tombol Sponge.

(2) Tentukan ukuran kuas di Options Bar.

(3) Tentukan pilihan untuk mengubah warna.

• Saturate, untuk memperkuat kecerahan warna.

• Desaturate, untuk mengurangi kecerahan warna.

(4) Tentukan tekanan peranti tersebut pada pilihan Pressure.

(5) Sapukan pada bagian yang ingin Anda modifikasi.

3. Menggabungkan Foto Adobe Photoshop

Anda dapat menggabungkan beberapa foto menjadi satu tampilan dengan fasilitasPhotomerge. Peranti ini akan lebih maksimal jika Anda menerapkannya pada gambar pemandangan yang akan menghasilkan foto panorama. Gunakan langkah berikut untuk menggabungkan beberapa foto.

(1) Klik menu File Automate Photomerge hingga tampil kotak dialog Photomerge.

(2) Dalam pilihan Use, pilih files untuk mengambil file gambar yang akan digabung dari data gambar yang Anda miliki.

(3) Klik tombol Browse untuk mengambil file foto yang akan digabung. Pastikan foto yang akan digabung mempunyai komposisi warna dan pencahayaan yang sama untuk memperoleh hasil penggabungan gambar yang maksimal.

(4) Pilih Layout penggabungan yang diinginkan.

(5) Klik Ok dan perhatikan hasilnya.

Aktifkan Crop Tool, kemudian aturlah bidang gambar yang akan dipotong hingga mendapatkan bentuk pemotongan yang diinginkan untuk merapikan gambar hasil penggabungan.



Gambar 3.57 Hasil Photomerge tiga buah foto sumber: www.digitalsecrets.net

4. Membuat Foto Hitam Putih Adobe Photoshop

Langkah untuk membuat foto hitam-putih adalah seperti berikut.

(1) Bukalah gambar yang akan diubah menjadi hitam-putih. Misalnya gambar berikut.



Gambar 3.58 Foto yang akan dibuat hitam Putih

(2) Klik menu Image Adjusment Black & White hingga muncul tampilan kotak dialog seperti pada gambar.



Gambar 3.59 Koatak dialog Black and White

(3) Pilihlah salah satu pilihan Preset yang Anda inginkan atau Anda bisa mengatur kombinasi warnanya dengan menggeser slinder warna yang ada.



Gambar 3.60 Foto hitam putih

5. Membuat Contoh Kreasi Grafis Adobe Photoshop

Menggunakan program aplikasi pengolah grafis Adobe Photoshop CS3 Anda dapat membuat berbagai kreasi grafis yang menarik. Gambar/ foto hasil olahan dapat Anda gabung untuk membuat kreasi tersebut. Salah satu contoh kreasi yang dapat Anda buat adalah kartu nama. Pada bagian ini Anda akan mempelajari langkahlangkah pembuatan kartu nama menggunakan Adobe Photoshop. Ikutilah langkah-langkah berikut.

(1) Buatlah dokumen baru pada Adobe Photoshop dengan memilih File > New.

(2) Anda akan membuat sebuah kartu nama dengan ukuran 9 cm × 5,5 cm. Masukkan ukuran tersebut pada kotak dialog New.



Gambar 3.61 Membuat dokumen baru dengan ukuran sebesar kartu nama

(3) Buatlah background berupa gradasi warna menggunakan Gradient Tool.



Gambar 3.62 Background dapat dibuat menggunakan Gradient Tool

(4) Buatlah layer baru yang berisikan gambar hasil olahan Anda yang telah disesuaikan ukurannya. Tempatkan pada posisi yang sesuai.



Gambar 3.63 Gambar dapat ditambahkan pada layer di atas layer background

(5) Tambahkan teks berupa nama, alamat, dan nomor telepon Anda.



Gambar 3.64 Pada layer yang berbeda dapat ditambahkan teks

(6) Anda dapat pula menambahkan hiasan menggunakan Brush Tool, seperti gambar kupu-kupu. Selain itu, Anda dapat pula menambahkan kata-kata penyemangat pada kartu nama tersebut.



Gambar 3.65 Hiasan dapat ditambahkan menggunakan Brush Tool

(7) Simpanlah file kartu nama Anda. Anda dapat pula mencetaknya.

Jika Anda hendak mencetak kartu nama tersebut pada kertas ukuran A4, Anda dapat mencetak beberapa kartu nama sekaligus. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut.

(1) Buatlah dokumen baru dengan ukuran kertas A4.

(2) Buatlah garis-garis bantu pada lembar kerja Anda dengan ukuran yang sama dengan ukuran kartu nama Anda. Gunakan fasilitas Ruler untuk membantu Anda.



Gambar 3.66 Anda dapat membuat pola menggunakan garis bantu (guide)

(3) Bukalah file dokumen kartu nama yang telah Anda buat. Menggunakan Move Toolduplikasi kartu nama Anda ke dokumen baru Anda hingga seluruh halaman terisi.

http://budisma.web.id/materi/sma/tik-kelas-xii/mengolah-gambar-adobe-photoshop/



Sofware-Sofware Pengolah Atau Pendukung Multimedia


Sebelum itu saya akan mencoba memahami apa sebenarnya software multimedia itu, software multimedia itu adalah suatu software yang dipakai untuk mengolah atau menciptakan suatu informasi yang berupa teks, audio, video. Image/gambar dan lainnya yang interaktif. Software ini juga bias kita dapatkan dengan mudah ada yang berlisensi dan ada juga yang opensource. nah inilah contoh macam-macam software pengolah dan pembuat multimedia yang berlisensi dan yang opensource :

Software Berlisensi

Corel Video Studio, merupakan software yang berlisensi yang memang berguna untuk mengedit-edit video,Vendornya adalah corel corporation yang harganya adalah sekitar US $199,00 dan bias kita beli di situs www.corel.com
Paintshop pro x4 yang juga berlisensi dan berguna untuk mengedit suatu foto yang kita inginkan agar bias lebih bagus, vendornya adalah corel corporation, harga untuk membelinya adalah US $ 49,99 dan kita bias membelinya ke situs www.corel.com
Adobeflash yang memang tidak asing lagi untuk kita yang ingin membuat animasi, vendornya ialah si Adobe yang harganya US$ 119,00 kita bias membelinya disitus www.adobe.com
Moviework, yang memang berlisensi vendornya adlah Win, mac dan diperuntukan dipakai oleh video, suara animasi, dan lainnya yang berorientasi objek , ini yang bisa memuaskan kita pada saat memasukan suatu video analog atau digitalR-player yaitu suatu software pemutar file video ataupun audio, dan bisa juga untuk mendownload suatu file video dari internet dan mampu juga memblok pop up saat kita sedang mendownload.
Audio Basic yaitu digunakan untuk membaca file video ataupun audio dan mampu mengubah format filenya. Kita juga bias mengeditnya dan merekam dan menggabungkan si file-file audio yang memang sudah kita rekam.
3D Home yaitu suatu software yang diperuntukkan mendesain rumah beserta isinya dan kita tingga; nambahin beragam pilihan yang memang kita sukai.
Inscape adalah software yang dipakai untuk membikin suatu gambar dalam bentuk vector software dan ini juga tidak kalah dengan yang sering kita dengar yaitu coreldraw.
Clone DVD yaitu software berlisensi dan digunakan untuk mengcloning DVD atau Cd yang persis atau mirip dengan aslinya dan kita bias meng convert nya.
3DMark yaitu software berlisensi yang dipakai untuk mendeteksi kemampuan kartu grafis computer kita. Software ini didukung oleh DirecX yang versinya 9 pengujian yang dilakukan 4tahapan.
GadwPrintScreen yaitu suatu software yang diperuntukan mengcapture gambar di suatu layar monitor kita dan pada saat meng-capture ada suatu pilihan current windows, client window, full screen dan rectangular area.
U cool 3D adalah suatu software yang dipakai untuk mebuat atau mendesain suatu objeck 3D. yang mempunyai fasilitas membuat garis, segitiga, polygion pun ada disini, software ini juga bias mempercantik website kita, dan masa software ini terbatas dalam 15hari saja.
Indesign yaitu software berlisensi yang digunakan untuk mendesain media publishing dan vendornya adalah adobe dengan harga US $ 199,00 kita bias membelinya di www.adobe.com
Adobe acrobat yaitu software yang diperuntukan membuat pdf dan mengedit suatu pdf juga. Vendornya masih sama seperti diatas yaitu adobe yang bias dibeli dengan harga US $ 199,00 dan bias dibeli di situs www.adobe.com
Paintshop pro x4 yang merupakan software pengeditan suatu foto agar foto yang kita inginkan bias lebih menarik dan sesuai dengan yang kita inginkan, vendornya aadalah corel corporation, kita bias membelinya dengan harga US $ 49,9 dan bias kita beli di alamat www.corel.com
Fonttwister yaitu software yang digunakan untuk membuat suatu animasi teks yang sesuai dengan efek yang kita pilih dan bias digunakan untuk suatu text diwebsite kita ataupun presentasi ataupun yang lainnya.
Audi yang merupakan suatu software yang dipergunakan mengedit suatu file audio, memotong dan lainnya memperbanyak ataupun menyatukan suatu track yang sudah kita potong-potong agar sesuai dengan keinginan kita yang ingin kita gunakan.
Corelwindvd yaitu software yang diperuntukan kita-kita yang sering sekali ingin nonton dvd disini yang akan membuat kita lebih nyaman untuk menonton suatu film dengan audio dan gambar yang seru abis. Vendornya adalah corel corporation dan kita bias mebeli dengan harga US $ 59,9 dan bias membelinya di www.corel.com
Ilustrator adalah Software yang diperuntukan Membuat Desain Vektor, Vendor nya adalah Adobe Harga : US $ 199.00, Bisa dibeli atau juga didownload melalui situshttp://www.adobe.com/

  • InDesign
kegunaannya : mendesain media untuk publishing.
vendor: Adobe
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “ http://www.adobe.com/”
Adobe Audition
kegunaannya : menyediakan tools-tools yang professional untuk membuat video dan audio suara terbaik.
vendor: Adobe
harga: US $ 99.00
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “ http://www.adobe.com/”

  • Adobe Creative Suite Family
vendor: Adobe
harga: US $ 399.00
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “ http://www.adobe.com/”

  • MACROMEDIA FLASH
merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.

  • Adobe Acrobat
kegunaannya : Yaitu untuk membuat aplikasi PDF, dan mengedit PDF
vendor: Adobe
harga: US $ 199.00
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “ http://www.adobe.com/”
Adobe Flash Professional
kegunaannya : membuat konten interaktif. membuat animasi dengan konten-konten yang interaktif
vendor: Adobe
harga: US $ 119.00
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “ http://www.adobe.com/”

  • WINDOWS DVD
bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
  • POWER DVD
sifatnya komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
  • MUSICMACH JUKEBOK
bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
  • DIVX PAYER
bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
  • REAL PLAYER
bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.


  • Corel VideoStudio
kegunaannya : mengedit video.
vendor: Corel Corporation
harga: US $ 39.99
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “http://www.corel.com/”

  • Corel WinDVD
kegunaannya : untuk menonton DVD, blueray.
vendor: Corel Corporation
harga: US $59.99
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “http://www.corel.com/”

  • PaintShop Pro X4
kegunaannya : untuk mengolah dan mengedit foto untuk hasil yang lebih menawan.
vendor: Corel Corporation
harga: US $ 49.99
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “http://www.corel.com/”

  • ACDSEE
bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
IRFAN VIEW
bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
4.Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.


  • Windows Media Player
bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
WINAMP
bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc

  • DESIGNER Technical Suite X5
kegunaannya : untuk membuat ilustarasi, membuat desain vektor.
vendor: Corel Corporation harga: US $ 999.00
Anda juga bisa membeli atau mendownloadnya disitus “http://www.corel.com/”

  • MICROSOFT PAINT
merupakan vektor dan bitmat image editor.
bersifat komersial

di produksi oleh mcrosoft.
sistem operasi yang mendukung : all windows

  • 3DS MAX STUDIO
merupakan software yang sangat terkenal dikalangan para designer 3D besutan Autodesk dan memiliki komunitas online terbesar di dunia, yang saya tahu bukan merupakan merupakan software yang multi platform karena hanya tersedia untuk microsoft windows.
bersifat komersial dan di prodiksi oleh Nevercenter Ltd. Co.


  • MAYA
merupakan produk dari Autodesk, yang hampir sama dengan Cinema 4D, di khususkan untuk kalangan menengah. tapi saya taksir kalau Maya lebih ke animasinya sedangkan 3Ds max lebih kepada pembuatan dunia virtual, arsitektur dan lain-lain.
bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp Animasi.

  • Corel Painter X
Kegunaannya : Yaitu software painting sketching dan juga ilustrasi.
Vendor : Corel
Harga : US $ 439.22
kita bisa mendownload dengan situs "http://www.plasasoftware.com/"

Software Multimedia Tidak Berlisensi "Open Source"

  • XINE
Yaitu DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License

  • XMMS
Yaitu audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

  • OPEN OFFICE
Suatu sistem operasi yang mendukung Windows, MacOS, dan juga Linux.
bisa kita mendownload ke situs : openoffice.org

  • GIMP
merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
bisa didapatkan : wwwgimp.org / www.gimp.com

Aplikasi Multimedia



             Multimedia merupakan gabungan dari beberapa media. Penggunaan multimedia pembelajaran memang sangat penting melihat kemajuan-kemajuan dalam teknologi multimedia yang sangat pesat sehingga penggunaan multimedia akan sangat menunjang dalam proses belajar mengajar. Penggunaan multimedia dalam kegiatan proses belajar mengajar merupakan sesuatu yang sangat fundamental karena dengan penggunaan multimedia tersebut, peserta didik diharapkan akan memahami materi yang disampaikan oleh seorang pendidik. Selain itu, peserta didik juga akan lebih tertarik dan interaktif dengan apa yang disajikan oleh pendidik. Namun, tidak dapat dipungkiri ada sebagian dari penggunaan multimedia yang belum efektif dalam penggunaannya. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya karena keterbatasan pendidik yang mempunyai keahlian dalam menggunakan teknologi multimedia tersebut, keterbatasan media yang ada di suatu pendidikan juga dapat berpengaruh.

           Aplikasi multimedia pendidikan datang dalam berbagai bentuk dan pendekatan. Terdapat aplikasi multimedia pendidikan yang menyediakan maklumat yang luas dan terpencil atau lebih bertumpu pada topik yang khusus saja. Ada aplikasi multimedia pendidikan yang dihasilkan bagi kegunaan umum dan ada juga yang dihasilkan bagi golongan tertentu saja.
             Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi multimedia mampu memberi kesan yang besar dalam bidang komunikasi dan pendidikan karena bisa mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Multimedia telah mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih dinamik. Namun yang lebih penting ialah pemahaman tentang bagaimana menggunakan teknologi tersebut dengan lebih efektif dan dapat menghasilkan ide-ide untuk pengajaran dan pembelajaran. Pada masa kini, guru perlu mempunyai kemahiran dan keyakinan diri dalam menggunakan teknologi ini dengan cara yang paling berkesan. Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif, lebih menggalakkan komunikasi aktif antara berbagai hal. Penggunaan komputer multimedia dalam proses pengajaran dan pembelajaran adalah dengan tujuan meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran. Dengan berkembangnya teknologi multimedia, unsur-unsur video, bunyi, teks dan grafik dapat dikemas menjadi satu melalui Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK). Sekarang ini, materi PBM telah banyak ditemukan dipasaran yang disediakan dalam bentuk VCD atau DVD. Contoh-contoh yang dapat kita temukan seperti ensiklopedia, kamus elektronik, buku cerita elektronik, materi pembelajaran yang telah dikemas dalam bentuk CD atau DVD dan masih banyak lagi yang dapat kita temui. Konsep permainan dalam pembelajaran digabung untuk menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan. Model – model ini dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas atau pembelajaran sendiri. Bisa juga digunakan untuk pembelajaran di rumah dan di sekolah. Sesi pembelajaran bisa disesuaikan dengan tahap penerimaan dan pemahaman pelajar. Pencapaian dan keberhasilan pelajar akan diuji. Jika pelajar tidak mencapai tahap yang memuaskan, maka sesi pemulihan pula akan dilaksanakan. Rekord pencapaian pelajar akan disimpan supaya prestasi pelajar bisa diawasi. Konsep pembelajaran sendiri dapat dilaksanakan bila informasi tersebut menarik dan memotivasikan pelajar untuk terus belajar. Ini dapat dicapai jika materi atau informasi direka bentuk dengan baik menggunakan multimedia. Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer ).
            Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar. Namun yang lebih utama ialah pencapaian objektif pengajaran dan pembelajaran dengan berkesan. Harus diingat bahwa teknologi multimedia hanya bertindak sebagai pelengkap, tambahan atau alat bantu kepada guru. Multimedia tidak akan mengambil alih tempat dan tugas guru. Multimedia adalah sebagai saluran pilihan dalam menyampaikan informasi dengan cara yang lebih berkesan. Komputer hanya digunakan jika dipandang perlu dan merupakan pilihan yang terbaik. Jikalau terdapat pilihan lain yang lebih berkesan untuk menyampaikan informasi, gunakanlah pilihan itu. Di samping itu juga guru harus menyadari betapa pentingnya memanfaatkan teknologi terkini untuk membiasakan generasi yang akan datang dengan cara hidup canggih abad ke 21 nanti.

Pemanfaatan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran

Beberapa bentuk pemanfaatan multi media berbasis komputer yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, meliputi :

a. Multimedia Presentasi

Multimedia Presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis digunakan dalam pembelajaran klasikal, baik untuk kelompok kecil maupun besar. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector (LCD/Viewer) yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.

Pemanfaatan multimedia dalam presentasi ini biasanya menggunakan perangkat lunak yang paling tersohor , yakni PowerPoint yang dikembangkan oleh Microsoft inc.

b. Program multimedia interaktif

Untuk beberapa hal media pembelajaran dapat menggantikan fungsi guru terutama sebagai sumber belajar. Salah satu media yang dapat menjalankan fungsi demikian tersebut adalah program multimedia interaktif.

Multimedia interaktif dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penggunaan multimedia interaktif cocok untuk mengajarkan suatu proses atau tahapan, misalnya penyerbukan pada tumbuhan, pembelahan sel, proses pertumbuhan janin manusia, ilmu waris, pelaksanaan haji, dan lain sebagainya.

c. Sarana simulasi
d. Video pembelajaran

Pemanfaatan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran, selain dapat digunakan untuk multimedia presentasi dengan CD dengan multimedia interaktif, ia juga dapat dimanfaatkan untuk memutar video pembelajaran. Video bersifat interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Peserta didik dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan yang diajarkan dalam video.



Oemar Hamalik, Media pendidikan, (Bandung: PT.Citra Aditya Bakti,1994), h.187
Azhar Arsyad, Media pengajaran, (Jakarta: Rajawali Pers,1995), h.169
www. fadacute.wordpress.com/2010/01/04/multimedia-pembelajaran-dan-aplikasinya


Sejarah,Pengertian Multimedia Dan Manfaatnya



             Program Multimedia adalah Suatu program yang untuk menyajikan dan menggabungkan teks,suara, gambar,dan video.dengan alat bantu tool sehingga pengguna akan lebih gampang menggunakannya. Dan juga bisa berkarya,berinteraksi serta mengedit, dan berkomunikasi, di dunia hiburan multimedia juga sering digunakan sebagai alat hiburan. Dan multimedia juga digunakan dalam dunia game. Awal mula multimedia berasal dari theater,bukan dari komputer Pada awalnya Multimedia hanya digunakan untuk menonton,mengetik dan pemberi kabar berita,tetapi di zaman sekarang multimedia sangat banyak manfaatnya dan sudah tersebar luas di daerah-daerah,negara,dan dunia.
Lama kelamaan multimedia mulai memasukkan unsur kinetik dan mulai membangkitkan sense realistis.

            Multimedia juga sangat penting dan membuat banyak peminat karena multimedia bisa menggabungkan antara video,gambar dan juga suara serta menurut lembaga reset komputer menyatakan bahwa orang hanya mampu 20% dari yang dilihat dan 30% dari yang didengarnya.namu orang dapat mengingat 50% dari apa yang dilihatnya dan didengar dan 30% dari yang dilihat,didengar sekaligus.dan tenyata Mulitmedia sangat efektif. Maka multimedia bisa menjadi tool dalam pembelajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan bersaing diperusahaan.

Manfaat Multimedia :

         Manfaat multimedia di dalam pembelajaran .yaitu:
Agar pembelajaran lebih menarik dan juga bisa masuk ke otak,dan tergantung juga kepada anak muridnya apakah masuk dalam pembelajaran seperti ini,dan multimedia meggampangkan pembelajaran dan juga pembahasan materi pembelajaran di kelas,maupun dimana saja. Memperbesar benda yang tidak nampak oleh mata,seperti kuman,bakteri,dll.

Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah,seperti gajah,rumah,dll. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumitdan berlangsung cepat atau lambat,seperti sstem tubuh manusaia,bekerjanya suatu mesin,beredarnya planet mars,berkembangnya bunga,dll.
Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh,seperti bulan,bintang,salju.
Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya,seperti letusan gunung berapi,harimau,racun,dll.
Meningkatkan daya tarik siswa/siswi.
Manfaat multimedia di dalam ksehatan
Mempermudah dokter dalam melihat dan memonitor kesehatan pasien,dan melihat detak jantung pasien lewat monitor.

Manfaat multimedia di dalam jasa pengeriman barang

         Kantor pos bisa megirim barang/dokumen lebih cepat dan akurat sampai,dengan adanya multimedia komputer dan inernet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat,cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap,jadi dunia menjadi semaki sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepat.





Diposkan oleh BudihartonoBatamtoday2012 di 01.21